Kisah Nyata Ramadan - Berkah Sedekah Ta'jil



https://m.vidio.com/watch/772029-kisah-nyata-ramadan-berkah-sedekah-ta-jil

Diterbitkan June 21, 2017

Minah (Poppy Bunga) merupakan wanita yang shaleha dengan bekerja sebagai assisten rumah tangga dan mempunyai seorang suami yang bekerja sebagai tukang ojeg. Minah menjalani hidup dengan rasa syukur dan penuh nikmat dengan kehidupan yang sederhana, tetapi Minah rajin bersedekah dengan menyisihkan hartanya dengan membeli tajil untuk berbuka puasa.

#nadya vella #rian rizky #oka sugawa #Poppy Bunga #berkah sedekah ta'jil

Poppy Bunga: Minah
Nadya Vella: Sofi
Oka Sugawa: Ridwan
Rian Rizki: Doni
Cindy Banyu: Putri, anak Sofi/Doni
Ana, anak Minah/Ridwan

Minah adalah ART yg bekerja di rumah Sofi dan Doni, mereka memiliki anak soleha dan baik bernama Putri. Putri ini suka diajarkan solat dan mengaji oleh Minah. Ridwan, suami Minah saat ini berprofesi sbg tukang ojeg.

Sofi mengeluh atas penghasilan dari warung baksonya, sempat menyalahkan bulan puasa dimana orang baru belinya setelah magrib tiba, Sofi dan Doni berharap segera lebaran agar banyak lg yg membeli baksonya.

Meskipun Minah hanya seorang ART, Minah ini suka memberikan sedekah ke masjid berupa takjil. Warga membandingkan Minah dgn Sofi/Doni yg kaya dan memiliki warung bakso yg besar, ini menyebabkan Sofi/Doni merasa geram. Minah hanya menasehati utk sedekah, awalnya menolak, tp krn utk menghindari gunjingan orang maka terpaksa melakukan sedekah.

Doni memiliki ide utk sedekah baksonya, tapi baksonya menggunakan bahan daging yg sudah jelek dan akan kadaluarsa. Saat di masjid pun Sofi masih bisa sombong meski mulai coba sedekah. Katanya kalau takjil kecil seperti cendol sudah biasa.

Yg memakan bakso terkena sakit perut, Minah tak kena sakit perut krn tak memakan bakso itu, Ridwan termsk salah satu korban dan para warga masjid yg lain. Para warga sempat akan menuntut Sofi dan Doni, krn ini bulan puasa, Minah dapat meredam kemarahan warga.

Ridwan sempat menyuruh Minah utk berhenti dari pekerjaannya sbg ART di rumah, padahal ada warga masjid yg memberitahu soal tawaran kerja di tetangganya krn gaji lebih besar. Minah dapat bertahan ini semua krn ada Putri yg dianggap sbg anak sendiri.

Ridwan dari tukang ojeg biasa, kini bekerja sbg driver ojeg online. Penghasilannya lumayan banyak, Minah sbg istrinya mengingatkan bahwa sebagian untuk sedekah, Ridwan awalnya sayang kepada uangnya yg susah payah, atas bujukan Minah maka mau bersedekah lgsg memberikan nasi kotak ke masjid, tidak lg berupa takjil.

Sedekah Minah berupa nasi kotak menimbulkan pujian warga, Sofi yg melihatnya kesal. Sofi dan Doni membuat fitnah bahwa Minah mencuri uangnya dgn bukti bisa sedekah nasi kotak, pembelaan Minah tak dianggap lg. Ridwan sbg suaminya datang turun tangan, bahwa uang tsb sepenuhnya berasal dari penghasilan sbg driver ojol, Ridwan sempat emosi dan akan tuntut balik. Mengetahui sikap Doni dan Sofi, Ridwan menyuruh Minah utk keluar dari pekerjaannya.

Minah berpamitan utk keluar dari pekerjaannya sbg ART, Putri seperti tak rela kehilangan Minah. Dgn modal seadanya ini, Minah akan membuka usaha jualan bakso, krn wkt msh kerja di Doni sempat diajarkan membuat bakso.

Dagangan bakso Minah menjadi ramai pengunjung, ini yg membuat warung bakso Doni sepi. Selidik punya selidik, ternyata Doni menemukan warung bakso Minah. Doni dan Sofi mengingatkan dgn lisan, pdhl di dekat rumah juga ada pedagang bakso laen, krn masih membandel maka Doni menyewa preman utk obrakabrik dagangan Minah. Ridwan ingin lapor polisi tapi Minah mencegahnya krn memikirkan bagaimana nasib Putri jika ortunya dipenjara, Minah mengusulkan utk pindah ke tempat yg jauh, Minah tak khawatir meninggalkan pelanggan di areanya krn namanya rejeki itu sudah ada yg mengatur.

Minah dan Ridwan dapat berjualan bakso dgn tenang tanpa ada diganggu. Warung Bakso Doni tak memiliki saingan lg, namun tetap sepi pengunjung. Doni menggunakan cara licik yaitu menggunakan bahan daging yg tak layak konsumsi utk dijadikan bakso, Doni berani menurunkan harga hingga 7rb/porsi. Doni asyik menikmati penghasilan yg banyak dari warung baksonya meski dgn cara curang.

Para pelanggan pada komplain soal bakso Doni menyebabkan sakit perut, ada yg ambil sampel lab dari bakso Doni. Para warga menyeret Doni ke kantor polisi. Doni kini mendekam di dalam penjara.

Di warung bakso Minah ada orderan bakso sebanyak 20 porsi, Ridwan sbg suaminya bersedia membantunya.a

Sofi ini terpaksa keluar dari rumahnya krn tak sanggup membayar cicilan. Putri menyarankan tinggal di rmh bi Minah namun Sofi menolaknya. Putri daoat rumah kecil tetap bersyukur asalkan ada tempat berteduh.

Beberapa bulan kemudian, Minah dan Ridwan sudah memiliki rumah sendiri, meski nyicil, tak perlu lg mengontrak rumah. Minah teringat dan kangen kepada Putri. Minah ingin main ke rumah Sofi dan ingin mengetahui keadaan Putri, Ridwan akan mengantarnya takut nanti Doni dan Sofi macam-macam. Minah ke rumahnya ternyata rumah disita, ibu tetangga memberitahu bahwa Doni dipenjara akibat memakai bahan yg berbahaya utk baksonya. Sofi sudah pindah entah kemana.

Setahun kemudian sudah, Minah mencari keberadaan Sofi tapi belum juga ketemu, Minah kasihan kepada Putri. Ridwan dan Minah akan membagikan sedekah nasi kotak dan takjil di masjid, tak disangka bertemu Putri yg akan menerima sedekah. Putri berkata sudah pindah ke rumah kecil. Dari kejauhan ada Sofi yg memanggil Minah. Kehidupan kini berputar seperti roda, dulu Sofi diatas ,sekarang Minah yg diatas. Sofi minta maaf kepada Minah, Sofi benar-benar butuh pekerjaan. Sofi ingin menjadi pelayan. Doni sudah keluar dari penjara tapi sakit, tak bisa apa-apa. Minah tak tega mempekerjakan Sofi krn sudah menganggap sbg keluarga.

Ridwan sekeluarga menjenguk Doni yg terbaring di tempat tidur, Doni ingin minta maaf kepada Ridwan sekeluarga. Minah dan Ridwan dari dulu mencari keberadaan Sofi dan Doni, Minah ingin memberikan modal sekaligus utk biaya pengobatan Doni. Doni baru sadar jika dirinya kufur akan nikmat ug diberikan, bukannya bersyukur dgn sedekah. Sofi berjanji utk kembali solat 5 waktu, rajin taraweh dan bersedekah. Ridwan sudah menganggap Doni sekeluarga menjadi bagian dari keluarga.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PB Kesabaran Gadis Tukang Sampah Yg Berbuah Bahagia (Toto Hoedi)

Pintu Berkah - Berkah Taubat Pelukis Kaligrafi Buntung yang Soleh

Kisah Nyata - Suamiku Terjerat Candu Judi Online