PB dari deru debu jalanan menggapai harumnya mimpi jd pengusaha parfum (BETHUL)

Tayang Perdana: 28 Mar 2020

Pemain
Sony : Aditya Suryo
Heni : Lisda Oxalis
Jingga : Stevanie
Rosid : Denino
Bella : Winda Puspitha
Dino : Lodi Wiranata
Kakak Heni, omnya Sony: Iwan wijaya
Alex jonson
Linda Azka: dokter

Rosid membawa koper untuk meninggalkan rumah, sementara Sony baru saja lulus sekolah. Sony ingin menunjukkan hasil kelulusan ke kedua ortunya, Rosid ini menikah demi wanita lain. Kepergian Rosid tak dapat dicegah. Rosid langsung mentalak Heni saat itu juga. Tetangga pada membicarakan Rosid yg kepincut janda kaya yg merupakan pengusaha parfum.

Heni selama ini bergantung kepada suaminya, Sony jadi tak bisa kuliah saat ini. Tak lama ada preman yg datang mencari Heni, yaitu meminta mengosongkan rumah, rumah tsb ternyata sudah dijual Rosid. Heni dan Sony tak tau apa2 soal rumah dijual oleh Rosid. Heni ingin ajak Sony ke rumah omnya ini utk sementara waktu. Hidup Omnya Sony sudah susah,dulu suami Heni ini songongnya minta ampun, pilih suami seperti itu, dulu waktu kakak Heni susah ini Rosid tak mau bantu. omnya Sony berkata ke Heni demikian sehingga tak bisa menampung Sony dan Heni.

Heni berusaha mencari bantuan pinjaman uang, blm ada yg mau membantu juga. Sony kini bertolak menjadi kenek angkot, ada abang2 lain yg tak suka jika penumpang ini ditarik penumpangnya oleh Sony krn mentang2 ganteng, beruntung sopir angkot tsb datang bahwa rejeki sudah ada yg ngatur. Di suatu jalan ada kenek yg berebutan penumpang, sampai Sony berantem dgn sesama kenek, calon penumpang pun sampai kabur ga jadi naik angkot diantara Sony dan kenek yg memukulnya. Sopir angkot yg kerja bareng menawarkan Sony utk jadi sopir tembak menggantikannya.

Sony ini jadi sopir angkot, ada ibu2 penumpang yg menggodanya krn Sony ganteng, apakah mau bersama anaknya. Sony ini bersikap rendah diri krn hanya sopir angkot biasa, kata ibu itu tak apa2 asal ada kerjaan. PAra penumpang ini malah rela menunggui sampai Sony kelar mengurusi ban bocor di angkot.

Sony yg habis benerin ban bocor di angkot melihat ada seorang mas yg  jalan lalu jatuh pingsan, mas tsb diajak pulang ke rumah. Kata mas tsb masakan ibu Sony ini benar2 enak. Mas tsb itu sebenarnya sedang sakit, mas itu butuh uang sehingga harus jualan, ternyata malah sakit. Mas tsb itu bernama Dino yg Yatim piatu. Sony menawarkan Dino untuk tinggal di rumahnya hingga Dino sembuh.

Sony memperhatikan Dino ini bisnis parfum krn mencintai wewangian, Dino bisa melihat karakter seseoarng dari wanginya.  Yg kalem suka wangi2an yg lembut. Dino malah memilihkan parfum seperti Sony, ada orang yg lincah memilih wewangian yg tajam, cewe itu suka wewangian yg manis krn suka senyum dan ramah terhadap orang. Dino suka memperhatikan kebiasaan orang hingga tau karakter orang masing2. Jika baik terhadap seseorang, maka akan bertemu dgn orang baik, demikian lah kata Dino. Dino ini sebenarnya memiliki mimpi utk punya toko parfum sendiri. Dino akan mengajari Sony membuat parfum. Sony menemani Dino utk berjualan parfum keliling dgn menawarkan ke warga sekitarnya.

Dino ini ingin sekali jadi saudara kandung Sony jika terlahir kembali dan jadi anak kandung Heni. Heni ini senang memiliki anak seperti Dino ini. Dino akan berangkat mencari bahan2 utk membuat parfum. Sony memperhatikan caranya Dino pamit seolah akan pergi selamanya.

Sony ini kebetulan sedang di jalan narik angkot, Dino ini dihakimi warga sbg tertuduh pelaku pencopetan. Dino melarikan diri hingga tertabrak motor. Ibu korban tak lama datang bahwa bukan orang ini (Dino) pelakunya, Dino meninggal dunia di RS. Sony tak menyangka jika Dino pergi secepat ini. Sony memperhatikan parfum2 ini maka akan melanjutkan cita2 Dino ini untuk memiliki toko parfum sendiri. Sony akan coba meracik parfum seperti yg Dino pernah ajarkan.

Sony kini memulai menawarkan parfum keliling, awal jualan belum ada yg minat membeli parfumnya. Ada ibu yg menemukan Sony jualan parfum, wanginya cocok dari karakter ibu pembeli. Ada mbak yg bertanya modus bahwa cocok pake parfum apa utk cewenya. Sony akhirnya mendapatkan pelanggan juga. Sony pulang ke rumah menemukan ibunya sudah jatuh pingsan. Dokter mengabarkan bahwa Heni ada masalah pada jantungnya sehingga harus dipasang ring jantung, biaya pasang ring ini tentu saja tidak murah. Sony tak masalah dan akan terus berusaha utk ibunya, Sony akan ke toko bahan2 parfum yg biasa alm Dino kunjungin.

Sony datang ke toko parfum Bella untuk mencari bahan membuat parfum. Bella memanggil Lilis, tak disangka Sony melihat ada Rosid, ayahnya di toko parfum. Bella baru tau jika Sony adalah anak Rosid. Rosid bertanya sedang apa di tempat ini, Sony langsung bergerak pergi. Kata Rosid, itu anak tetap tak berubah. Sekarang sudah dapat karmanya, jatuh miskin dan beli parfum ke toko Bella. Sony sedih pulang dari toko Bella, ayahnya tega mengusirnya. Sony ingin cari toko lain, tapi kata Dino dulu di toko Bella yg paling murah.

Sony menyampaikan tadi bertemu ayahnya di toko utk bahan parfum, kata ibunya bahwa niatkan kerja itu ibadah krn Allah. Jika sudah rejeki maka akan dikasih. Sony tetap pantang menyerah untuk jualan parfum, kebetulan lewat ada kantor dimana ada pengumuman soal seminar pelatihan UKM yg gratis.

Sony yg melihat pengumuman berminat utk daftar. Kunci utk membuat parfum, maka harus membuat aroma sesuai selera, selera orang berbeda2, maka harus focus pada keinginan. PElatihannya kebetulan ttg cara membuat parfum, selain aroma ada yg tak kalah menarik, yaitu kemasannya. Kedua parfum ini sama, tetapi kemasan berbeda, yg satu botol biasa, satu lagi cantik, pembeli akan memilih kemasan yg menarik dan cantik, tak hanya aroma, kemasan adalah penting, itu lah trik marketing. Sony bertanya soal aroma untuk laki2, wangi yg soft. Sony bisa belajar banyak dari seminar ini. Di seminar ini berkenalan dgn wanita bernama Jingga. Disini menyediakan bantuan utk peserta, Jingga memberikan kartu nama kepada Sony.

Sony bisa mendapatkan bahan murah krn pesanan banyak, Sony mencoba meracik parfum lagi dgn berbekal ilmu yg didapatkan dari seminar UKM. Ternyata susah juga menyesuakan wangi sesuai keinginan. Ibu Sony memberikan saran utk membuat yg sesuai dgn selewa orang. Sony mencoba ke warga utk isi kuisioner tentang parfum yg akan dijual, ibu tsb meminta timbal balik dgn contoh parfum, ibu tsb menolak gratisan. Sony ingin tau bagaimana selera orang. Tak sengaja di tempat Sony menawarkan parfum, ternyata bertemu dgn Jingga. Jingga ini sedang kuliah, JIngga liat Sony menyebarkan brosur kuisioner, JIngga ingin ajak Sony bertemu teman2nya mana tau bisa membantu. Jingga memperkenalkan Sony sbg peserta UKM. Jingga ingin teman2nya memberikan masukan soal parfum. Sony mendapatkan masukan banyak dari teman2 Jingga. Jingga sudah mencatat masukan dari teman2nya ini, Sony jadi tau apa yg harus dilakukan.

Sony bersama Jingga di rumah, Jingga membantu Sony untuk meracik parfum sesuai masukan dari teman2 Jingga. Sony akhirnya bisa membuat varian baru dari parfum. Sony memberikan merk bernama Umi, Sony memulai bisnis ini atas doa ibu krn ibu adalah orang yg diagungkan, tanpa ibu lah Sony bukan apa2. Heni terharu mendengar ini. Jingga mengajak Sony utk ke acara pameran, Heni jg ingin dibuatkan aroma juga. Sony berada di stand pameran utk menawarkan parfum dgn ditemani oleh Jingga, ada mbak yg berminat membeli parfum Sony. Merknya Umi, artinya mendalam kata seorang pembeli. Di medsos ternyata parfum Umi ini sedang viral kata Jingga.

Setahun kemudian berlalu, Sony memberikan rumah baru untuk Sony dan Heni, Sony bisa seperti ini krn doa ibu, berkat doa ibu maka toko parfum jadi laris manis. Heni mengingatkan Sony agar selalu sedekah, Jingga selalu ada di samping Sony. Jingga jg banyak belajar dari Sony.

Bella kali ini kesal bhw toko Sony jadi rame, jangan2 ada yg bantuin. Bella merasa harus melakukan sesuati. Rosid jg memperhatikan tokonya sepi. Bella berkata ini semua krn anak Rosid, maka pelanggan lari semua. PAntesan saja merk parfum sering disebut orang. Bella ingin berencana menghancurkan toko Sony.

Ada Rosid datang bersama preman untuk menghancurkan toko Sony, Heni berkata teganya menghancurkan usaha anak sendiri. Rosid tak akan hancurkan dgn satu syarat bahwa harus berhenti jualan parfum. Sony tak bisa dilarang2. Rosid mengenali Jingga, sedang apa di toko Sony. Jingga ini kenal juga kepada Rosid, Rosid adalah suami dari tantenya Jingga. Jingga ini ponakan dari Bella. Bella memperingatkan Jingga bahwa Bella ini tak suka jika Jingga ini bertemu lg dgn Sony. Sony ini tak bisa lg bertemu dgn Jingga setelah itu. Sony menghubungi Jingga juga tak bisa dihubungi. Sony jadi tak memiliki lapak utk jualan, meski jualan online tetap harus punya lapak.

Di depan rumah Sony, datang lah angkot. Ternyata bapak itu sopir angkot yg dulu, angkotnya sudah tua ini ingin dijual. Angkot tsb bisa utk usaha dagang,  Sony jadi membeli mobil untuk lapak usaha dagang parfumnya, para warga banyak yg selfie di depan lapak parfum UMI ini. Ada bapak yg kepikiran utk memberikan pacarnya yg ultah, tinggal sebutkan karakternya maka Sony akan bantu membuatkan. Rosid dan Bella memantaunya dari luar, padahal lapak sudah dihancurkan.

ADa bapak yg menyium bau parfum refill yg membuat batuk2, bapak tsb memperhatikan biang parfum ada yg terkontaminasi seperti ada yg sabotase. Baunya juga sama. Jingga menyampaikan bahwa pelakunya adalah Bella dan Rosid, mereka mendengar pembicaraan soal lapak Sony,ingin tuduh tapi tak ada bukti.

Sony datang ke rumah Rosid bahwa ayahnya yg melakukan ini semua. Rosid meminta bukti jika melakukannya, Jingga berkata tau apa yg dilakukan. Dari kecil Jingga disekolahkan hingga besar tetapi perlakuan seperti ini. Jingga memutuskan utk keluar dari rumah tantenya ini.

Beberapa bulan kemudian, Jingga menikah dgn Sony. Jingga dan Sony sah menjadi pasangan suami istri. Bella kesal dgn ponakan tak tau diri, nikah saja tak izin dgnnya. Toko parfum Sony makin viral di medsos, lalu klaim parfumnya tanpa alcohol, ini membuat Bella tambah kesal lagi. Bella heran mengapa toko parfumnya sepi, ibu2 pegawai juga heran. Jangan2 ada masalah. Bella mencium bahannya ini baunya tak karuan, Bella memanggil Lilis. Dulu Rosid menyuruh Lilis ini utk membeli bahan yg tak karuan. Lilis mengakui bahwa semua ini ulah Rosid. Lilis tak berani bilang krn diancam Rosid. Bella ingin Rosid bertanggungjawab, Rosid lalu kabur begitu saja, tak lama ada mobil pickup yg menabrak Rosid saat Rosid berlari dikejar oleh Bella.

Beberapa hari kemudian berlalu, kata Bella ini gara2 Rosid, Rosid ini tak memiliki kaki lagi, kaki kanannya diamputasi. Bella ingin menuntut pisah. Polisi membawa surat penangkapan kepada Rosid atas laporan dari Bella. Heni dan Sony menjenguk Rosid di penjara. Rosid minta maaf kepada mereka, Rosid menyesal selama ini menyia2kan istri dan anaknya ini, terutama Sony. Sony ini sudah memaafkan ayahnya sekaligus mengucapkan terima kasih, kalau bukan krn ayahnya, tak mgkin jadi pengusaha parfum sukses, mgkin ada hikmah dari ini semua. Rosid ini ingin bertaubat. Heni menyarankan utk mendekatkan diri kepada Allah.

Sony bersama ibu dan istrinya menyekar ke makam Dino, cita2 Dino tercapai sudah. Sony curhat di hadapan makam Dino. Heni sebentar lg akan operasi jantung, atas kuasa Allah sekarang Sony sudah sukses.  Jika ibunya sembuh, maka Sony akan mengajak ke tanah suci utk umroh bersama ibu, istri dan anak Sony nanti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PB Kesabaran Gadis Tukang Sampah Yg Berbuah Bahagia (Toto Hoedi)

Pintu Berkah - Berkah Taubat Pelukis Kaligrafi Buntung yang Soleh

Kisah Nyata - Suamiku Terjerat Candu Judi Online