PB SEDEKAH PEDAGANG PARCEL BUAH YANG AKHIRNYA MEMILIKI ANAK SETELAH SEPULUH TAHUN MENIKAH* (BETHUL)


Pemain:

April : _Ananda Faturahman_

Deddy : _Afdhal_

Ali : _Abiyu_

Reno....?

Anita....Citra Angels

Cang Firman.. pegawai April Fruit

Purba Suranta..dokter

Linda Azka..dokter kandungan


Ada seorang pengamen cilik bernama Ali yg sendirian dari jalan ke jalan, pernah mengalami dilarang pengamen laen utk ngamen di areanya.  April dan Deddy ini sudah menikah bertahun2 tetapi belum dikasih anak, tiap kali periksa ini hasilnya negatif. Ali ini suka diambil uangnya oleh bernama Reno. Saat mengejar Reno ini hampir tertabrak mobil yg dibawa oleh Deddy.


April dan Deddy berdoa dalam solatnya agar diberikan keturunan, Ali pun juga berdoa agar diberikan keluarga yg dapat menyayanginya. April dan Deddy mendengarkan radio perihal sedekah, April berpikir jika sedekah maka akan diberikan jalan utk memiliki anak.


April dan Deddy lalu menyedekahkan parsel ke warga sekitarnya, hingga tiba lah Ali datang maka parsel sudah keburu habis. Pandangan Deddy ke Ali ini terlihat ketus, April sudah akan memberikan uang kepada Ali. Deddy seperti kurang suka dgn Ali yg nakal, alasan dikejar preman itu hanya akal2an saja.


April dan Deddy ini adalah pemilik kios toko parsel buah, mereka memiliki toko saingan yg dimiliki oleh Anita. Anita ini suka mematok harga yg tinggi tidak seperti April yg mengambil untungnya sedikit. Anita ingin toko April ini bukanya slot pagi sampai sore, baru sore sampai malam ini giliran toko Anita. Anita ini ternyata diam2 menghasut pembeli soal toko April ini masalah kualitas, tokonya akan segera bangkrut dan tutup, ada buah yg mahal katanya yg bagus satu2nya hanya di tokonya.


April berpikir untuk mengadopsi Ali krn kasihan tinggal di jalanan, dikejar2 dan dipalak preman juga, Deddy ini seperti tak setuju jika mengadopsi Ali sbg anak mereka.


Deddy baru saja mendapatkan kabar jika toko buahnya mengalami kebakaran. Pegawai Deddy ini sebelum meninggalkan kios ini tak masalah, saat akan ambil kunci maka mengalami kebakaran. Tak lama Anita pun datang bahwa ini lah azab krn suka mengambil rejeki orang. Setelah Deddy di-PHK maka toko buah tsb satu2nya mata pencahariannya. Saat blm mendapatkan momongan, Deddy  menyuruh April utk sabar. Kebetulan di jalan April dan Deddy lewat bertemu dgn Ali, anak yg waktu itu. April ingin bawa pulang Ali ke rumah. April menawarkan Ali utk jadi anak asuhnya. Pada akhirnya April ini dibawa pulang oleh Deddy dan April ke rumah.


Anita ini senang bahwa makin untung banyak. Tak lama ada preman yg meminta bayaran kepada Anita krn berhasil membakar toko April, Anita kini tak memiliki saingan lagi. Ali senang diberikan kamar baru. Deddy ini berbicara dgn April bahwa tak suka dgn anak jalanan krn punya pengalaman dicopet oleh anak jalanan. Saat Ali diberikan makanan oleh April, Deddy nyeletuk mending habiskan saja semuanya. Deddy memperhatikan Ali ini makan tak ada tata kramanya krn berantakan.


Reno datang lagi meminta setoran ke anak2 jalanan laen, mereka menanyakan keberadaan Ali. Reno menduga bahwa Ali ini jangan2 kabur. Para pegawai Deddy ini diberikan gaji terakhir, Anita seperti nyinyir di hadapan Deddy. Deddy berkata pasti Anita senang tak ada saingan lagi.


April membelikan banyak barang2 untuk Ali sekalian ingin menyekolahkan Ali, syaratnya bahwa mulai sekarang panggilnya Mama dan Papa, bukan Om dan Tante lagi.  Tak lama ada anak jalanan laen yg menyuruh pulang dan kembali ke jalanan lagi. April mengingatkan anak tsb agar tak ganggu Ali lagi, anak tsb ingin laporkan ke Reno. Anak tsb lapor ke Reno bahwa Ali diangkat orang kaya dgn disebutkan alamatnya di Jl.Pangrango.


Deddy tiba2 bilang utk titipkan Ali ke panti asuhan atau kembalikan ke jalanan. Deddy ini memang ingin sekali anak perempuan. April berkata siapa tau dgn merawat Ali dgn baik, maka mereka akan diberikan anak kandung yg sebenarnya. Ali mendengar pembicaraan mereka bahwa jadi anak pancingan, jika sudah mendapatkan anak kandung maka Ali akan dikembalikan ke jalanan.


Pada malam hari ada yg mengetuk pintu rumah Deddy yg ternyata adalah Reno. Esokan harinya April menemukan Ali sudah tak ada di rumah, barang2 Ali sudah tidak ada, hp milik Deddy juga hilang. Deddy menduga pasti Ali ini kabur lalu mencuri barang2.


Reno ini manghasul Ali sekalian masalah kedua ortu angkat Ali ini akan menjadikan Ali sbg pembantu dan pancingan, jika nanti mereka ada anak kandung maka Ali akan dicampakkan begitu saja. Reno membagi2kan baju tsb ke anak2 jalanan laen agar setia kawan. Pada suatu siang ini ada satpol PP yg merazia, Ali lah yg tertangkap oleh satpol PP. Ali ini ingin dibawa ke panti asuhan tetapi tidak mau. Ali awalnya bilang tak ada tempat tinggal lalu bilang ada tempat tinggal, yg dia maksud adalah kedua ortu angkatnya.


Anita senang2 sendiri bahwa menikmati keuntungan toko itu sendirian. Anita berkata bahwa tak sia2 habis suruh orang utk bakar toko April. Deddy mendengarnya, ingin lapor polisi tetapi tak memiliki bukti yg cukup. Tiba lah Deddy dan April bertemu org utk jual tanahnya, April mengusulkan utk jualan keliling dgn mobil.


Beberapa waktu lalu saat di jalan ini Deddy menelepon April dgn kesal bahwa ternyata cek yg diberikan adalah cek kosong. Deddy ini kesal, cobaan datang bertubi2, sudah tak ada keturunan, bisnis hancur, kini ditipu orang.


Ali kangen kepada mama angkatnya, tau papa angkatnya kurang suka dengannya. Ali tak tau harus kemana, tiba2 ada motor yg nyerempet Ali hingga jatuh pingsan. April keluar ini menemukan Ali terkabar di depan pagar rumahnya. Deddy menanyakan April ini apakah tak kenapa2. Kata dokter bahwa kaki Ali ini patah maka harus dioperasi. Deddy ini ke RS terpaksa krn dipancing oleh April. April ini mengusulkan jual mobil tetapi Deddy menolaknya, maka itu April akan pakai uang tabungannya utk biaya RS Ali.


Deddy jadi ribut lagi dgn April krn April ii lebih memilih Ali yg bukan anak kandungnya ketimbang mengurus suami sendiri. Deddy sudah capek atas keadaan rumah tangganya yg selama 10 tahun ini. April akhirnya mengepak barang2 lalu ajak Ali utk tinggal di rumah yg baru, masalah Deddy ini bilangnya sedang ada kerjaan, bukan krn Ali.


April berjualan buah keliling ini bertemu dgn salah satu ibu pelanggan yg inget dgn April lalu akan borong buah tsb. Tiba2 ada preman yg meminta agar Anita memberikan bonus. Deddy mendengar itu semua lalu mengejar preman tsb dan meringkusnya, Deddy mendatangi Anita bahwa polisi sudah meringkus anak buah suruhan Anita ini


Deddy ini jadi kepikiran soal April yg memutuskan pergi. Deddy berpikir utk cari wanita lain saja yg dapat memberikan keturunan, jika bertahan dgn April maka tak memiliki anak. April ini tiba2 merasakan mual2 seperti sedang hamil.


April ini sedang jualan bareng Ali, tak lama datang lah Deddy yg kebetulan lewat. Deddy berkata bahwa Anita sudah ditangkap polisi. April malah menyarankan utk memaafkan Anita lalu cabut tuntutannya, Deddy menolaknya. Saat jualan ini April tiba2 pusing lalu pingsan.


April ini dibawa ke RS. Sikap Ali ini seperti senang krn bahagia, kata dokter yg memeriksa April bahwa kata dokter bahwa April ini tengah sedang hamil. Usia kandungan sudah 3 minggu. April ingin menghubungi Deddy tetapi telfnya direject lagi.


Ali akan bergerak mencari Deddy utk memberitau bahwa istrinya hamil, tiba2 saja Ali dihadang oleh Reno. Reno ini seumur2 blm pernah diangkat anak angkat, seumur2 jadi anak jalanan. Tongkat Ali malah dibawa oleh Reno. Ali diantar teman2nya dgn dibopong memberitau soal istri Deddy ini hamil, Ali bersumpah tak pernah mencuri sama sekali, yg mencuri adalah Reno. Deddy berkata akan temuin April asalkan Ali tak mengganggu hidupnya lagi. 


Deddy menemui April di RS bahwa April membenarkan jika hamil, kata dokter yg meriksa bahwa saat itu belum kelihatan. Deddy disadarkan oleh April, Deddy sadar bahwa sudah mengusir Ali yg saat itu kakinya belum sembuh. Deddy lalu memutuskan utk mencari Ali bersama2, saat melihat anak lain dikira adalah Ali.


Reno ini memergoki anak2 laen utk setoran, mereka tak ingin setoran lagi. Saat Reno ingin menghajar anak2 lalu ada Deddy ygi ignin membelanya. Para anak2 lalu menggengam Reno sampai jatuh. Ali diajak pulang oleh Deddy dan April, kata Ali harus bersama teman2nya. Tak lama Deddy mendapatkan telf bahwa org yg menipunya dgn cek kosong itu sudah tertangkap, surat2nya tanahnya aman.


Seminggu kemudian berlalu. Ali sedang membantu membungkus parsel bersama para anak jalanan untuk sedekah parsel. Dulu hanya mengharapkan anak 10 thn, mungkin selama ini blm intropeksi apakah sudah layak utk diamanatkan seorang anak, dgn menyayangi anak yatim piatu justru tak hanya satu anak tetapi lebih. Semoga April dan suaminya bisa menjalankan tugas sbg ortu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PB Kesabaran Gadis Tukang Sampah Yg Berbuah Bahagia (Toto Hoedi)

Pintu Berkah - Berkah Taubat Pelukis Kaligrafi Buntung yang Soleh

Kisah Nyata - Suamiku Terjerat Candu Judi Online