PB BERATNYA PERJUANGAN MANTAN BEGAL YANG INGIN BERTAUBAT

 PB BERATNYA PERJUANGAN MANTAN BEGAL YANG INGIN BERTAUBAT


https://m.vidio.com/watch/2052181-beratnya-perjuangan-mantan-begal-yang-ingin-bertaubat-pintu-berkah?utm_source=youtube&utm_medium=referrer-description&utm_campaign=indosiar


Sutradara : Toto


Tora : _Ferry Ardiansyah_

Ningsih : _Puspita Sarry_

Laras : _Jasmine_

Archi : _Andre Geovano_

Prima....?

Ridwan.,. Alino

Ohza Teddy...korban begal

Ridwan Ansori..Wawan, pembeli motor bodong

Dicky Zecko..warga tetangga

Sarah..penghuni baru rumah Tora

Suranta Purba..calon boss Tora

Lodi Wiradinata..Prima

Cang Firman..begal, teman Archi

Alvino Lee..begal, teman Archi

Dimas Masran..polisi


Di suatu malam ada seorang begal yg beraksi, Tora ini pura2 pingsan utk memancing kawannya yg bernama Archi. Kemudian motor itu dijual ke sebuah pembeli bernama Wawan yg awalnya ragu.


Tora dapat memberikan uang SPP Laras yg sudah nunggak 3 bulan, bilang ini hasil proyek diluar sana. Laras bilang uang haram ini, tau dari teman bahwa tak pernah kerja tetapi bisa dapat uang, ini dapat memancing emosi Tora.


Seorang korban begal (Ohza Teddy) melaporkan ke polisi, polisi menggambar sketsa lalu benar kata korbannya. Laras mendengar ayahnya teleponan utk beraksi. Beberapa waktu lalu Laras pernah didatangin ada orang mencari sesuatu orang yg ada di sketsa, Laras ini mendengar dari orang ini adalah begal yg jadi buronan polisi. Laras pada malam itu ijin ibunya utk ke warung bentar, Laras merasa harus laporkan bapaknya ke polisi.


Tora dan Archi pada malam ini sedang beraksi sbg seorang begal, Archi yg berhasil ditangkap oleh polisi. Tora melarikan diri dari polisi, lari ke musholla lalu pura2 solat, ada pak ustad datang menegur Tora dgn penampilan tsb. Disini Tora curhat apakah pantas solat dgn banyak dosa, pak ustad menasehati Tora bahwa Allah maha pengampun, bisa berubah asal sungguh2. Tiba di rumah ini Ningsih ini mengetahui soal suaminya seorang begal, Laras berkata bahwa dia yg melaporkan ayahnya sendiri ke polisi dan memberitau lokasi pembegalan tsb. 


Tora ikhlas dipenjara, malah ikhlas jika Ningsih menikah lagi utk cari pria yg lbh baik. Ningsih ini tetap akan setia kepada Tora. Tora berjanji akan jadi sosok yg lebih baik dari sekarang, Laras datang dgn sinis bahwa ayahnya tak akan pernah berubah krn aib bagi keluarga.


Tora di dalam penjara ini bertaubat krn telah membuat malu istri dan anaknya ini. Selama hamba Allah masih diberikan nafas, maka Allah bisa memberikan taubatnya, teringat Tora akan pesan pak ustad di musholla.


Ada wartawan yg datang ke rumah Laras yg berhasil menggagalkan begal, ada bapak warga lain. Laras ini berani utk lapor meskipun itu adalah bapaknya sendiri.


7 tahun kemudian sudah berlalu, Tora akhirnya bisa bebas dari penjara. Tora memperhatikan Ningsih dan Laras tak pernah datang apalagi menjemputnya, jangan2 sudah ada pengantinya. Tora datang ke rumah ternyata ada penghuni baru, kata ibu itu dijual setahun lalu.


Pada suatu siang ada kedua begal yg beraksi (Cang Firman, Alvino Lee) utk membegal pemuda bernama Prima, Tora membiarkan utk melepaskan. Temannya yg botak ini berteriak bahwa dia adalah maling, padahal yg begal adalah kedua orang tsb. Tora lalu lari begitu saja.


Tora melarikan ke sebuah rumah ada orang yg meninggal, ternyata pak Ustad yg menasehati Tora waktu itu, meninggal setelah mengimami solat. Tora ini ingin bisa meninggal seperti ini. Tora bergerak utk cari Laras dan Ningsih, sepertinya harus cari pekerjaan.


Tora melihat ada pengamen yg diberikan uang, Tora liat ada Laras mengendarai mobil bersama Ningsih, saat itu jendela dibuka. Ningsih bertanya ini siapa. Ningsih seperti pura2 tak kenal, mereka seperti sudah hidup bahagia.


Ningsih merasa seperti kenal dgn laki2 yg di jalan, mengapa tau namanya. Laras berkata itu bukan siapa2 lagi, lebih baik tak perlu ingat lagi siapa orang itu.


ADa lelaki (bernama Proma) yg menelepon Laras bahwa bapaknya sudah bebas tetapi Laras berkata sudah tak peduli dgn bapaknya lagi. Sahabat Laras ini bertanya kemana Laras yg dahulu itu, semenjak hidup enak jadi lupa.


Tora ini ditolak dari tempat kontrakan krn Tora diketahui adalah begal yg dahulu itu. Tora bergerak menuju musholla utk solat. Archi dari belakang ini diam2 mencuri kotak amal. Tora berdoa agar bisa mendapatkan pekerjaan lg utk melanjutkan hidup.


Ningsih bertanya2 lagi siapakah lelaki tadi pun, tetapi tak bisa ingat apa2. Ningsih ingin Laras buka2 album mana tau ada petunjuk, Laras tak mau dan biarkan saja melupakan. Beberapa waktu lalu Laras pernah meninggalkan ibunya begitu saja, Ningsih ingin mengejar lalu mengalami kecelakaan mobil yg ditabrak oleh seorang bapak bernama Ridwan sehingga Ningsih mengalami amnesia.


Ridwan ini sudah membayar biaya pengobatan Ningsih, Ridwan tak ingin dilaporkan ke polisi, lalu iya tanya berapa yg harus dibayar utk gantirugi. Laras meminta rumah dan mobil, maka bisa hidup enak seperti saat ini. Ningsih ini meski amnesia merasa dulu hidupnya tidak seperti ini.


Tora ini baru keluar masjid, langsung saja para warga menuduh Tora mencuri kotak amal, ada yg melihat ini dari kampung sebelah yg mantan begal itu yg blm keluar dari penjara.


Tora bergerak utk mencari pekerjaan. Archi merasakan apa yg Tora rasakan, ditolak oleh keluarga, memang tak ada percaya kalau Tora sudah taubat. Tora dikeroyok oleh teman begal dahulu (Cang Firman, Alvino Lee), padahal hanya berurusan dgn Archi saja. Archi memang mengaku mengambil kotak amal tsb. Ningsih ini memperhatikan Laras berubah, pergi tak pamit dan tak mau.


Prima (sbg teman SMA Laras) ini datang mencari Laras ke rumah, tetapi Laras baru pergi. Prima memberitau soal Tora sudah keluar dari penjara, Ningsih bertanya siapa Tora. Katanya itu bapaknya Laras, suami Ningsih. Ningsih mencari berkas2 di lemari, ternyata ditemukan kartu keluarga yaitu ada Tora. Tora lah yg telah menyelamatkan Prima dari para begal tsb.


Tora ini coba melamar pekerjaan sbg OB, Laras ini terkenal sbg senigram yg terkenal lalu meminta izin shooting di gedung tsb. Tora melihat ada Laras, Laras tak mau mengakui Tora sbg bapaknya, Laras menyebut2 nama begal yg keluar masuk penjara. Calon penerima langsung gak jadi menerima Tora bekerja. Laras berbohong soal ibunya sudah nikah lagi makanya pura2 pula. Laras ini seperti sudah sukses lagi hingga lupa dgn bapaknya sendiri.


Prima bersama Ningsih ini mencari keberadaan Tora, saat ada yg mengenali bahwa ini adalah copet. Prima sama sekali tidak percaya jika Tora mencopet lagi. Tora berada di dalam masjid ini tak sadar jika di belakang ada istrinya. 


Ningsih baru pulang menegur Laras mengapa menutup yg berhubungan dgn bapaknya, Laras sampai bakar foto2 bapaknya. Ningsih tak mau anggap Laras lg sbg anak jika Laras tak anggap Tora sbg bapaknya.


Ningsih sudah tak peduli dgn bapak dan ibunya lagi, Ningsih menyetir di malam hari dgn menangis, tiba di sebuah pepohonan yg menghalangi jalannya. Maka datang lah seorang preman botak dgn temannya, ada Archi juga di lokasi. Tak lama datang lah Tora sbg pahlawan krn tak rela ngerjain anaknya. Saat Tora menghadapi Archi, Tora akan dipukul pakai bilah kayu yg ada Laras yg kena utk menyelamatkan bapaknya sendiri. 


Prima menanyakan Laras ke rumah tapi blm pulang juga. Kebetulan Prima datang juga di lokasi melihat kondisi Laras. Di saat itu Tora membawa motornya Prima dgn buru2, mobil Laras sudah tak ada juga. Prima menduga bahwa Tora ini pasti blm bertaubat krn membawa kabur motornya ini. Prima lah yg membawa Laras ke RS. Prima datang ke ruang rawat Laras, Ningsih tanya mengapa Laras tak sadar. Prima berkata saat sampai itu sudah terkapar, begitu Prima disuruh bawa Laras ke RS, malah Tora bawa kabur motornya Prima. Ningsih ini harusnya percaya kepada ucapan Laras. Ningsih lalu melaporkan suaminya sendiri ke polisi. Ningsih minta Prima menemaninya ke kantor polisi utk melaporkan Tora, dulu Laras lah yg melaporkan bapaknya sendiri ke polisi.


Beberapa hari kemudian sudah berlalu, ada polisi bersama para warga. Tora dianggap buronan lagi, Tora melihat ada polisi.  Mereka melihat ada Tora naik motor, lalu Tora ini melarikan diri. Tora ingin cari Archie dulu sebelum tertangkap polisi.


Laras yg di ruang rawat pun sadar, Laras menanyakan bapaknya. Laras berkata bukan bapak yg mencelakakannya. Laras teringat pada malam itu saat rekan2 begal ingin ngerjainnya. Soal Tora bawa kabur motor Prima itu utk mengejar Archi dkk. Prima jadi salah sangka kepada Tora.


2 orang preman ditambah Archi sedang nongkrong. Jual mobil katanya lama sampai seminggu. Archi dapat uang hasil jual mobil, habis itu buka modal utk buka bengkel dluar. Tak lama datang lah Tora. Tora selama ini sabar saat orang fitnahnya, kalau sudah sakitin anaknya ini Tora tak akan tinggal diam. Tora ingin menyelesaikan masalah di kantor polisi, lalu berantem lah dengan teman2 rekan begalnya hingga para rekan2 kalah. Tora lalu kejar Archi yg kabur.


Laras ini jadi sudah memaaafkan bapaknya, Laras waktu itu reflek melindungi bapaknya krn naluri sbg anak atau bersalah kepada bapaknya. Meskipun bapaknya sudah taubat, Laras masih blm bisa menerimanya krn takut balik ke hidupnya maka akan hidup miskin lagi. Laras mengaku bahwa ibunya sudah menikah lagi, mungkin itu reflek utk menebus dosanya kepada bapaknya.


Tora berantem dgn Archi yg kabur. Archi baru kenal Tora yg bengis yg tak dikenalnya dahulu, lama kelamaan nyali Tora utk mukul Archi hilang, saat itu Tora lengah lalu tercebur ke sungai hingga hanyut lalu Archi tak lama ditangkap polisi.


Prima datang bersama polisi, yg membegal mobil kata polisi sudah ditemukan tetapi ayah Laras jatuh hanyut ke sungai. Laras jadi sedih mendengar kabar soal bapaknya. Ningsih menempelkan orang hilang soal foto Tora, bertanya ke warga sekitar tetapi blm ada yg menemukan. Entah Tora msh hidup atau tidak. Laras dan Prima memandang ke sungai, sedih sambil mencari bapaknya. Laras benar2 nyesal dgn kebodohannya, baru sadar kalau kangen ke bapaknya.


Laras dan Ningsih di kantor polisi, Laras diminta tandatangan berkas bahwa mobil disita dari penadah lalu kini bisa kembali ke tangan Laras lagi. Di tempat yg sama tak menyangka ada Archi yg berada di kantor polisi, Ningsih memandang sinis dan marah ke Archi. Ini semua gara2 Archi maka suaminya hilang, ini krn Tora sok suci. Ningsih lebih pilih suami yg tewas tapi sudah bertaubat daripada seperti Archi yg tidak taubat2.


Tora kini tinggal bersama seorang nenek2. Nenek menanyakan kapan Tora akan pulang. Tora merasa percuma jika pulang, takut ga ada yg mau menerimanya krn sudah membuat terluka anaknya dan lingkungan tak mau menerimanya. Tora tak apa bertani utk bantu nenek. Nenek berusaha menenangkan Tora yg dipanjangkan umur, lalu menasehatinya utk bertaubat dan melaksanakan perintah-Nya, kalau melaksanakan itu maka pendapat orang tak penting lagi, Allah sudah menjanjikan dlm Quran setelah kesulitan ada kemudahan. Ada koran soal Laras, wanita korban begal dinyatakan selamat, nenek memberikan koran lalu menyarankan temui keluarganya utk minta maaf. Nenek sudah mau menolong Tora dan menampung Tora beberapa hari ini. 


Tora bergerak ke sebuah rumah lalu mengintip ke sekitar, sejak keluar dari penjara, Tora blm pernah ketemu Ningsih. Rumah sebagus ini, Tora pikir pasti suami baru Ningsih dapat memberikan kebahagiaan. Tora pikir mending dianggap mati saja, tak lama kemudian ada mobil yg datang. Laras dan Ningsih datang menghampiri Tora kemudian mereka mau memeluk Tora. Tora berkata tak mau ganggu rumah tangga Ningsih yg barul, Ningsih ini blm nikah lagi, Laras mengaku membohonginya. Ningsih waktu itu tak mengenalnya krn kecelakaan lalu amnesia. Ningsih ini masih setia kepada Tora.


Laras datang ke pak Ridwan memberikan kunci rumah dan mobil, ATM itu bukan hak Laras. Laras merasa dirinya salah krn manfaatkan kebaikan Ridwan. Tora saat itu datang, mengakui suami Ningsih. Ridwan ini iri kepada Tora krn memiliki keluarga baik dan tulus, Tora mengucapkan terima kasih yg sudah banyak bantu keluarganya selama tak ada di sisi mereka. Tora akan cari kontrakan yg murah sambil coba cari kerja dan Ningsih ingin jualan, Laras ini punya aktivitas yg menghasilkan sbg selebgram. Ridwan menawarkan Tora utk bekerja dgnnya, Tora sangat bersedia, Tora mengaku mantan begal. Ridwan tau setiap org punya masalalu, kalau benar2 mau bertaubat, Ridwan akan memiliki pegawai yg bisa diandalkan. Tora tak masalah kerja sbg cleaning service atau security. Tora lalu merangkul istri dan anaknya, Tora bersyukur bahwa bisa kembali berkumpul bersama keluarga dan juga pekerjaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PB Kesabaran Gadis Tukang Sampah Yg Berbuah Bahagia (Toto Hoedi)

Pintu Berkah - Berkah Taubat Pelukis Kaligrafi Buntung yang Soleh

Kisah Nyata - Suamiku Terjerat Candu Judi Online